Subscribe:

Labels

Friday 15 August 2014

Wedang Uwuh dan Nostalgia Kota Jogja



Ada yang pernah minum wedang uwuh? Belum? Yang bisa berbahasa jawa dengan baik dan benar pasti akan mengerutkan dahi saat pertama kali mendengar wedang uwuh. “Uwuh” dalam bahasa Jawa berarti sampah—lebih konkritnya semacam tumpukan sampah yang berserakan. Biasanya sih yang disebut “uwuh” adalah sampah-sampah dedaunan kering dan rumput-rumput liar yang ditumpuk untuk kemudian dibakar. Jadi ketika ada produk kuliner bernama “wedang uwuh,” yang pertama kali terlintas di pikirannya adalah dedaunan kering yang dikumpulkan kemudian diseduh dalam cangkir. Hoekksss... (*muntah uwuh)

Saya berkenalan dengan “wedang uwuh” saat seorang teman mengajak saya ke sbuah kafe remang-remang di sudut kota (eh, bercanda). Jadi di kafe ini, segala jenis minuman tradisional Jawa ada. Setelah menerima bill, saya mulai memilih minuman. Deg, “wedang uwuh” ??? Unik juga namanya. Tapi karena namanya mencurigakan, saya tak memesannya. Alih-alih teman saya itu yang emmesan wedang uwuh. Gelagatnya sih mau promosi.

Begitu sajian tiba, saya dapati wedang uwuh ternyata bukan wedang hasil olahan sampah yang diseduh (ya nggak laah). Jadi wedang uwuh ini adalah semacam minuman tradisional penghangat tubuh. Isinya macem-macem. Yang pasti ada biasanya kayu manis. Mungkin di tempat lain ditambahkan juga jahe dan herba lain yang ‘hot’. Rasanya? Dibilang enak sih relatif ya. Lidah orang beda-beda. Tapi yang jelas berasa itu efek angetnya. Wedang uwuh ini cocoknya diminum saat masih panas di tengah guyuran hujan. Wuidih... Romantis juga ya.

Anyway, buat yang pernah ngekos di Jogja, maka wedang uwuh pasti punya cerita sendiri di hati kalian. Nyesel kalau seumur-umur ngekos di jogja tapi belum pernah nyobain wedang uwuh. Jadi berasa nostalgia gitu deh kalau membahas wedang uwuh. Buat adek-adek mahasiswa baru yang masuk tahun ini, silahkan berburu kuliner unik khas Jogja, termasuk wedang uwuh ini. Harganya pas kok di kantong. Apa sih yang nggak murah di Jogja? Hehe.

Mari nguwuh, mari bicara. Salam uwuh! :)