Subscribe:

Labels

Thursday 31 December 2015

Akhir 2015, Postingan ke-100, dan Catatan 'Payah' Blog Ini


Orang payah akan tetap payah selama dia masih bersikap lemah
dan tak punya arah dalam hidupnya.
Hatake Niwa

Sepanjang 2014 lalu, jumlah postingan saya di blog ini hanya 49 tulisan. Postingan absurd yang sedang kalian baca ini, adalah postingan saya ke-51 di tahun 2015. Artinya jumlah postingan saya mengalami peningkatan dibanding tahun lalu—meski cuma dua biji. Bisa dikatakan tidak ada peningkatan berarti pada aktivitas blogging saya di tahun ini. Meski artikel ini adalah artikel saya yang ke-100, rasanya tidak ada yang istimewa dari pencapaian itu, mengingat dua bulan yang lalu, saya sempat hiatus. So lame.

Saya jadi tidak PeDe menuliskan tetek bengek akhir tahun seperti resolusi 2016, kaleidoskop 2015, atau menulis tentang pengalaman berkesan di tahun 2015 mengingat tidak ada yang bisa dibanggakan dari blog ini. Sepanjang 365 hari, blog ini hanya mampu menjaring satu follower. Kolom komentar juga masih kosong meski saya sudah berpeluh-peluh memutar otak untuk membuat artikel yang sekiranya tidak berguna. Jumlah pengunjung? Stagnan di angka dua ribuan.

Entah aib apalagi yang bisa saya tuliskan di sini. Blog ini hanya berawal dari keletihan saya mengerjakan skripsi. Saat itu saya butuh pelampiasan bagi ide-ide yang berkelindan di otak liar saya. Dan sekarang, lebih dari setahun sejak hingar bingar skripsi berlalu, saya masih belum mampu menunjukkan passion membara untuk blogging. Benar-benar milestone yang payah.

Dari segi isi tulisan, kebanyakan postingan saya adalah hasil interpretasi dan perenungan saya pribadi terhadap fenomena yang saya jumpai di lingkungan sehari-hari. Karena itu, tulisan-tulisan saya di blog ini hanya bersifat berbagi pemikiran. Kalian harus bisa memilah sendiri mana yang berguna perlu diambil, mana yang keliru, tidak berguna sehingga perlu ditinggalkan. Itu hak kalian sebagai pembaca. Yang jelas jangan pernah menjadikan konten blog ini sebagai sumber referensi pelajaran lebih-lebih referensi tugas kuliah.

Jika kalian memaksa saya membuat resolusi tahun 2016 untuk blog ini, saya hanya berharap tahun depan saya tidak berlama-lama hiatus ngeblog. Setidaknya saya harus menulis satu artikel sebulan, agar jumlah bulan di side bar  genap dua belas. Lebih dari itu, semoga saya segera menemukan passion membara untuk mengisi blog ini dengan artikel-artikel yang tidak berguna di masa mendatang. Oh iya, mungkin saya juga harus mulai memikirkan artikel bertema “cinta” untuk mengisi blog ini tahun depan. Sudah terlalu lama saya tidak menulis artikel tentang itu (sedang hiatus  untuk menulis topik itu juga).

Akhir kata, untuk siapapun yang pernah “nyasar” di blog ini, saya haturkan terima kasih atas kunjungannya. Saya malah tidak yakin kalian akan nyasar ke sini lagi dan membaca catatan ini. Sampai jumpa lagi tahun depan nggih… ( ngomong-ngomong, besok pagi sudah tahun depan kan ya? )


Dari aku yang payah,
Salam

H. N , December 31th, 2015

1 comments:

Post a Comment