Subscribe:

Labels

Wednesday 29 January 2014

Anak Muda Jangan Takut Salah

Setiap diri kita pasti tidak suka bila disalahkan. Ada insiden, sebuah mobil menabrak truk hingga bodinya ringsek. Pengemudi mobil menyalahkan sopir truk yang menurutnya mengerem mendadak. Sopir truk tak mau kalah, balik menyalahkan pengendara mobil yang menurutnya memacu kendaraannya terlalu kencang. Perdebatan sengit di antara keduanya nyaris berujung adu bonyok bila polisi tak segera melerai keduanya. Ahh...kita tinggalkan dulu perdebatan sengit pengendara mobil dan sopir truk di atas. Biarlah urusan mereka diselesaikan di kantor polisi (dengan damai).

Cerita di atas tentu saja menunjukkan betapa klisenya manusia. Di satu sisi kita tidak suka disalahkan. Itu normal, wajar sekali. Tapi kita pun harus sadar diri bahwa kita bukanlah makhluk yang sempurna yang luput dari segala kekeliruan. Mustahil ada manusia yang selama hidupnya bertindak selalu benar, nihil kesalahan. Sekali lagi, kita harus sadar diri bahwa kita memang ‘didesain’ untuk bisa salah. Meskipun begitu, Tuhan selalu adil karena kita juga ‘didesain’ untuk bisa belajar dari kesalahan itu dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Kecenderungan manusia yang enggan untuk disalahkan inilah yang seringkali memicu sikap takut salah dalam bertindak. Manusia bisa saja merasa segan untuk melakukan sesuatu, enggan bertindak, hanya karena lebih memilih ‘bermain aman,’ dan menghindari kesalahan yang mungkin dilakukan. Sikap semacam ini adalah bom waktu yang akan meruntuhkan impian-impian Anda.

Takut salah adalah penghambat terbesar bagi siapapun yang ingin maju dan berkembang. Nggak percaya? Baik, pakai analogi simpel saja. Pernah membayangkan, bagaimana dunia ini bila Thomas Alva Edison takut kesetrum saat membuat bohlam lampu? Apa jadinya kehidupan sekarang bila Bang Edison nggak jadi-jadi membuat bohlam lampu hanya gara-gara dia takut kesetrum sepanjang hidupnya? Mungkin peradaban manusia tak akan semaju sekarang, alih-alih kita malah disibukkan mencari kayu bakar ke dalam hutan sekedar untuk menyalakan pelita di malam hari. Nggak kebayang kan? Makanya nggak usah dibayangin.

Dengan kata lain, keberanian untuk melangkah melawan rasa takut adalah sebuah lompatan besar dalam usaha mencapai impian dan cita-cita kita. Selamat, seandainya Anda telah mencapai tahap ini. Itu artinya Anda telah tiga langkah lebih maju untuk menjadi orang sukses. Trust me, it works! Keberanian Anda untuk mengalahkan rasa takut salah akan mensugesti diri Anda untuk lebih mantap dan percaya diri dalam memutuskan segala sesuatu. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa selama apa yang Anda jalani adalah benar dan untuk tujuan yang mulia, maka tidak ada kata takut salah.

Saran lagi? Pelajari lebih banyak hal dan perluas wawasan Anda agar kemungkinan tindakan Anda ‘benar’ dan ‘berguna’ menjadi lebih besar. Dan tentu saja, jangan lupa berdoa, mintalah kepada Tuhan, serta luruskan niatan Anda semata-mata sebagai ibadah kepada-Nya.

NB: tulisan ini dikhususkan dalam konteks tindakan yang positif. jangan sampai sikap tidak takut salah malah dijadikan dalil pembenaran atas setiap kebodohan dan kecerobohan yang anda lakukan. Bacalah dari berbagai sudut pandang, selalu ambil sisi positifnya bagi Anda.

- N. W. -