Subscribe:

Labels

Wednesday 17 June 2015

Hal-Hal yang Bisa Menentukan Kelancaran Skripsi (2)

*Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya (bisa dibaca di sini)

. . .

4. Subjek Penelitian
Subjek penelitian tidak kalah pentingnya karena dari merekalah data diperoleh. Usahakan subjek penelitian (responden) kita bisa diajak kerjasama, bersikap proaktif, jujur, dan tidak memasang tarif (yang terakhir ini demi kebaikan isi dompet kita). Bersekutulah dengan setan kakak tingkat tentang daerah penghasil responden terbaik sesuai dengan jenis penelitian kita.

5. Teman Satu Jenis Penelitian
Berbahagialah jika kita memiliki teman yang sama jenis penelitian/dosbingnya. Teman kita bisa diajak sharing, bertanya, dan bahu-membahu mengerjakan skripsi. Selain itu selama menjalani bimbingan kita tidak akan sendirian dengan adanya teman kita. Semua bisa terealisasi asalkan teman kita tidak keburu lulus duluan.

6. Perizinan ’Bermasalah’
Harus diakui birokrasi di negara ini sering mempersulit urusan. Ada yang bilang kalau nggak pake pelicin, nggak bakal diurus. Tapi tidak penting mengeluhkan birokrasi yang ada. Berprasangka baiklah bahwa masih banyak pegawai amanah yang tidak tergoda dengan pelicin. Buatlah jadwal untuk mengurus administrasi dan perizinan jauh-jauh hari sebelumnya agar tidak berlarut-larut. Nasihat bijaknya: “Jangan menunda urusan perizinan yang bisa kau kerjakan hari ini karena kau tidak pernah tahu kapan urusan perizinan itu terselesaikan esok.

7. Mahasiswa Itu Sendiri
Faktor terakhir yang menentukan kelancaran skripsi adalah diri kita sendiri. Kita adalah ‘motor’-nya skripsi. Segala keputusan berada di tangan kita. Dosen pembimbing, buku, teman-teman, dan warung makan hanya fasilitas pendukung. Sehebat apapun fasilitas pendukungnya, jika kita malas maka tidak akana ada artinya. Tak perlu banyak keluh kesah. Jalani saja. Biasakan berkaca pada diri sendiri sebelum menyalahkan orang lain.

Itu tadi ketujuh faktor yang bisa menjadi penentu kelancaran skripsi (berasa nyimak On The Sp*t). Setelah tahu faktor-faktor yang menentukan kelancaran skripsi, apa yang harus dilakukan agar skripsi cepat selesai? Artikelnya bisa dibaca di sini (Tips Agar Skripsi Cepat Selesai).

Tulisan ini saya dedikasikan khusus untuk para mahasiswa semester akhir yang masih berjuang dengan skripsinya di mana pun kalian berada. Silahkan jika ada yang mau menambahkan faktor yang lainnya. Share please.

0 comments:

Post a Comment